Merapi Relief : Shoulder to Rely on

Salah satu program Merapi Relief kami adalah bekerjasama dengan Mapala Satu Bumi, di mana banyak di antara kami dahulu pernah berproses di situ. Jadi tidak susah bagi kami untuk menyatukan visi. Di Satu Bumi dulu kita juga terlibat aktif dalam aksi tanggap bencana pasca Tsunami di Aceh awal 2006, dan gempa Jogja 5 bulan kemudian.

What do we exactly do? Konsep utama kita adalah pendampingan. Kita fokus di satu Desa/Tempat Pengungsian Sementara. Belajar dari pengalaman penanganan gempa 4 tahun yang lalu, di mana bantuan sangat gencar di awal-awal, dan lama -lama mulai menghilang, sedangkan korban belum sepenenuhnya terehabilitasi, maka kami bertekad untuk mendampingi satu daerah, yaitu di TPS Sewukan, hingga mereka kembali ke ritme hidupnya yang normal seperti sebelum mengungsi.

Kelas, Ruang Tidur PengungsiKita mendirikan camp di situ, terus menerus meng-access kebutuhan para pengungsi , baik itu yang bersifat fisik maupun psikis. Di TPS Sewukan yang berupa SD dan Kantor Kelurahan itu ada sekitar 1200 pengungsi dengan berbagai latar belakang umur. Sementara Tim support di Jogja terus mencarikan bantuan untuk mereka, teman-teman yang di lapangan selalu siap manakala diperlukan. Bahkan untuk sekedar mendengarkan keluh kesah saudara-saudara kita yang kurang beruntung.

About joel

Bima Ardhitya, ECC's Career Information Dept. Head

2 Comments

Leave a comment

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Your email is never shared. Required fields are marked *